Sukses

Tes Untuk Mengetahui Kelamin Bayi

Sebuah tes baru yang dapat mengetahui jenis kelamin bayi bahkan ketika janin baru berumur 7 minggu telah tersedia di beberapa negara. Cara ini diketahui lebih efektif jika dibandingkan dengan tes yang menggunakan metode Ultrasound Scan.

Liputan6.com, London: Sebuah tes baru yang dapat mengetahui jenis kelamin bayi bahkan ketika janin baru berumur 7 minggu telah tersedia di beberapa negara. Cara ini diketahui lebih efektif jika dibandingkan dengan tes yang menggunakan metode Ultrasound Scan.

Seperti dikutip dari Medindia, Selasa (2/10), tes ini bekerja dengan mendeteksi keberadaan kromosom Y yang terkandung dalam darah sang ibu, tes tersebut bahkan dapat dilakukan setelah 7 minggu pembuahan terjadi. Menurut para ahli, makin dini mengetahui jenis kelamin janin, akan makin baik memprediksi penyakit yang diderita bayi dalam kandungan.

Walaupun memiliki banyak keuntungan, tetapi tes ini juga menimbulkan protes dari para praktisi ginekologi yang khawatir akan meningkatnya jumlah wanita yang melakukan aborsi. Mereka beranggapan bahwa jika wanita mengetahui jenis kelamin calon bayinya dan tidak menginginkannya biasanya para wanita tersebut berinisiatif untuk mengaborsi janinnya.

"Kita harus ingat bahwa jenis kelamin janin tidak cukup kuat untuk dijadikan alasan untuk melakukan aborsi, sehingga mereka yang ingin melakukannya harus melakukannya secara ilegal," kata Profesor Abraham Steinberg, irektur RS Shaare Zedek.(AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini