Sukses

Blueberry Atasi Tekanan Darah Tinggi

Peneliti dari Universitas East Anglia dan Universitas Harvard menemukan bahwa blueberry dapat membantu mengatasi tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Liputan6.com, Washington DC: Peneliti dari Universitas East Anglia dan Universitas Harvard menemukan bahwa blueberry dapat membantu  mengatasi tekanan darah tinggi atau hipertensi, demikian dilansir Zee News, Sabtu (15/12).
 
Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa senyawa bioaktif Anthocyanin yang dikenal dengan sebutan flavonoid-lah yang memegang peranan penting dalam mengatasi hipertensi. Para peneliti mengatakan mereka yang mengonsumsi blueberry secara teratur dapat menstabilkan tekanan darah tinggi sampai dengan 10 %.
 
Dalam penelitian ini sekitar 181 ribu orang diminta untuk mengisi kuesioner yang berisi pertanyaan mengenai kondisi kesehatan mereka selama dua tahun belakangan serta pola makan mereka selama empat tahun belakangan. Ditemukan mereka yang mendapatkan asupan flavonoid yang tinggi memiliki tekanan darah yang cukup stabil jika dibandingkan mereka yang tidak.
 
Para peneliti juga menemukan bahwa kandungan flavonoid dalam blueberry menempati posisi tertinggi dalam "kerajaan" buah-buahan. Bahkan kadar falavonoid dalam blueberry juga mengalahkan teh yang dikenal kaya akan kandungan zat tersebut.  
 
"Yang menarik dari penelitian ini adalah kandungan anthocyanin ternyata memberikan kontribusi yang begitu besar dalam pencegahan hipertensi," kata Prof Aedin Cassidy, yang menjadi pimpinan penelitian.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.