Sukses

Pelukan dan Sentuhan Lembut Hilangkan Stres

Pelukan tidak hanya ungkapan ekspresi dari rasa sayang pada seseorang. Pelukan hangat juga dapat mengurangi stres dan rasa sakit.

Liputan6.com, London: Tahukah Anda, bahwa pelukan tak hanya merupakan ungkapan ekspresi dari rasa sayang pada seseorang, tapi pelukan hangat juga bisa menjadi pengurang stres dan rasa sakit. Pernyataan tersebut juga telah dibuktikan dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Universitas California.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa berpelukan dengan seseorang yang Anda cintai dapat mengurangi rasa sakit juga stres terutama bagi kaum wanita. Penelitian ini juga menemukan bahwa wanita dapat meningkatkan tingkat anestesi dalam tubuhnya hanya dengan melihat foto orang terkasih. Anestesi tersebutlah yang menjadi kunci pengurang rasa sakit.

Ternyata bukan hanya itu. Pelukan juga dapat meningkatkan produksi hormon oksitosin yang berperan penting dalam mengurangi tingkat stres seseorang. Karena manfaatnya itulah, akhirnya berpelukan ataupun sentuhan lembut dijadikan terapi untuk membantu menghilangkan rasa sakit, depresi dan kecemasan. Bahkan terapi sentuhan lembut ini juga telah banyak digunakan untuk membantu pertumbuhan bayi yang lahir prematur. (medicmagic/Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini