Sukses

Ibu Hamil Sebaiknya Tidur Menghadap Kiri

Calon ibu yang tidur mengarah ke sisi kanan atau ke terlentang di akhir masa kehamilan dapat meningkatkan risiko kematian bayi saat lahir.

Liputan6.com, London: Posisi tidur pada ibu hamil bisa berpengaruh terhadap kondisi bayi yang dilahirkan. Calon ibu yang menanti kelahiran sang buah hati sebaiknya tidur menghadap kiri untuk menghindari risiko kematian bayi,

Calon ibu yang tidur mengarah ke sisi kanan atau ke terlentang di akhir masa kehamilan dapat meningkatkan risiko kematian bayi saat lahir. Pasalnya posisi tersebut dapat menekan lebih besar pada pembuluh darah, membatasi suplai oksigen untuk perkembangan bayi.

Dan yang dapat memicu apa yang dikenal sebagai "late stillbirth" setelah kehamilan usia 28 minggu.

Dokter telah lama dibingungkan dengan penyebab tragedi tersebut, meskipun faktor-faktor seperti obesitas atau ibu perokok  dianggap berperan. Tapi tenaga medis yang berbasis di rumah sakit bersalin di Auckland, Selandia Baru, menemukan perempuan yang tidur terlentang atau menghadap kanan di malam hari berisiko dua kali lebih mungkin kehilangan bayi mereka dibandingkan yang tertidur di menghadap kiri.

Studi ini telah dipublikasikan dalam British Medical Journal dengan memperhatikan kehamilan hampir 500 perempuan. Mereka berkata: "Jika temuan kami dikonfirmasi, mempromosikan posisi tidur yang optimal pada akhir kehamilan mungkin memiliki potensi untuk mengurangi kematian bayi.

Ahli Inggris Dr Lucy Chappell memuji penelitian tersebut tetapi ia mengatakan diperlukan penelitian lebih lanjut.

Dr Chappell, dari King's College, London, mengatakan: "Setiap intervensi sederhana yang mengurangi risiko kematian bayi akan diterima." Tetapi yang lain memperingatkan karena penelitian ini tidak meyakinkan.(TheSun/MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.