Sukses

Penderita HIV/AIDS Jangan Dikucilkan

Wakil Wali Kota Depok Idris Abdul Shomad mengharapkan masyarakat tak mengucilkan penderita HIV/AIDS. Sebaliknya masyarakat memberikan dukungan moral.

Liputan6.com, Depok: Wakil Wali Kota Depok Idris Abdul Shomad mengharapkan masyarakat tak mengucilkan penderita HIV/AIDS. Sebaliknya masyarakat memberikan dukungan moral. "Usahakan agar mereka jadi tegas dan tetap optimistis menjalani kehidupan," kata Idris di Depok, Jawa Barat, Rabu (29/6).

Idris mengunjungi dua keluarga penderita HIV di Kelurahan Mampang, Pancoranmas, dengan memberikan bantuan. Zh (6) dan Rf (4) terinfeksi HIV karena tertular dari ayah mereka yang merupakan pecandu narkoba. Menurut dia warga bisa konsultasi dini kalau ada gejala mirip HIV.

Lebih jauh Idris mengajak agar penderita HIV/AIDS terus menciptakan pola hidup bersih dan meminta warga agar melapor segera jika mencium adanya penggunaan dan peredaran narkoba di lingkungan sekitar. "Jika mengetahui adanya peredaran narkoba segera laporkan," katanya.

Ia menambahkan Zh dan Rf memang mendapat bantuan dari Jamkesdan sehingga biaya semuanya ditanggung pemerintah. Sedangkan ibu Rf yaitu Zb yang juga terinfeksi HIV akan diperhatikan dengan merekomendasikannya pada yayasan yang dapat menanganinya. Saat ini di Depok terdapat 146 kasus HIV dan tujuh kasus AIDS.(ANT/JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.