Sukses

Ponsel Bisa Memicu Tumor Otak

Penggunaan ponsel telah berkembang menjadi benda serbaguna yang bisa memenuhi kebutuhan Anda. Tapi tahukah Anda jika penggunaan ponsel terlalu lama ternyata memicu tumbuhnya tumor?

Liputan6.com, New York: Ponsel atau telepon genggam pasti telah menemani hari-hari Anda. Ponsel tidak hanya digunakan sekadar untuk menelepon atau mengirimkan SMS. Ponsel kini menjadi benda serbaguna yang bisa memenuhi kebutuhan Anda, seperti untuk keperluan internet atau MP3. Namun, tahukah Anda jika penggunaan ponsel terlalu lama ternyata memicu tumbuhnya tumor ganas?
 
Seperti diwartakan Genius Beauty, Rabu (6/7), Badan Kesehatan Internasional untuk Penelitian Kanker WHO (IARC), mengumumkan bahwa ponsel merupakan karsinogen potensial, zat yang meningkatkan risiko tumor otak ganas, dan glioma. Pengguna aktif ponsel, 30 menit sehari selama 10 tahun, diperkirakan terkena risiko itu sebesar 40 persen.
 
"Selama ini, kami terus melakukan penelitian dan mencari informasi untuk mendukung pernyataan tersebut. Kami mengumumkan masalah itu karena melihat banyaknya penggunaan ponsel," kata Jonathan Samet, pemimpin penelitian itu.
 
Untuk mencegah timbulnya zat karsinogen itu, Anda dapat menggunakan headset saat menjawab panggilan telepon. Para peneliti juga menyarankan untuk menggunakan teknologi SMS ketimbang melakukan panggilan langsung jika tidak terlalu penting.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini