Sukses

Minuman Beralkohol Rusak Otak Janin

Minuman beralkohol yang dikonsumsi ibu hamil dapat menyebabkan kerusakan genetik atau DNA permanen, cacat lahir, dan kurangnya daya tangkap sang janin. Minuman beralkohol juga dapat menyebabkan kanker.

Liputan6.com, Cambridge: Minuman beralkohol yang dikonsumsi ibu hamil dapat menyebabkan kerusakan genetik atau DNA permanen, cacat lahir, dan kurangnya daya tangkap sang janin. Demikian hasil penelitian para ahli Medical Research Council, Cambridge, Inggris. "Kami telah lama menduga alkohol menyebabkan kerusakan DNA. Tapi belum ada yang dapat membuktikannya. Kamilah yang pertama," kata Ketan Patel, pimpinan penelitian, baru-baru ini.

Hal ini disebabkan kadar alkohol berlebihan dalam aliran darah yang dapat merusak pertahanan alami janin. Para peneliti juga menemukan alkohol akan menumpuk selama beberapa waktu dalam aliran darah. Hal ini akan memperburuk kerusakan organ-organ vital janin.

"Ini adalah bukti langsung pertama bahwa alkohol dapat menyebabkan mutasi DNA," ucap Patel. "Ini juga menjadi petunjuk mengapa minuman beralkohol juga dapat menyebakan kanker."(Medindia/BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini