Sukses

Prediksi Kesuksesan Anak Lima Menit Usai Lahir

Kecerdasan anak di sekolah bisa dicek setelah lima menit kelahirannya. Ini merupakan temuan dari peneliti dengan melihat hubungan antara skor Apgar dengan tingkat kecerdasan anak di sekolah tingkat menengah (SMP).

Liputan6.com, Stockholm: Kecerdasan anak di sekolah bisa dicek setelah lima menit kelahirannya. Ini merupakan temuan dari peneliti dengan melihat hubungan antara skor Apgar dengan tingkat kecerdasan anak di sekolah tingkat menengah (SMP).

Apgar merupakan tes tingkat kesehatan bayi yang baru lahir dengan skala satu hingga 10 dan ini meruapakn metode sederhana untuk secara cepat menilai kondisi kesehatan bayi baru lahir sesaat setelah kelahiran.

Pada sebuah penelitian, sebanyak 877 ribu remaja Swedia dibandingkan hasil ujian di sekolah dengan nilai Apgar setelah kelahiran. Hasilnya peneliti menemukan hubungan antara skor Apgar dengan kecerdasan anak. Nilai Apgar di bawah tujuh berhubungan dengan rendahnya kecerdasan anak di kemudian hari.

Tampaknya hasil penelitian ini dapat melihat lebih dekat masalah sejak dini agar dapat membantu mengatasi kebutuhan anak saat mereka tumbuh dewasa.

Dokter Kandungan di Rumah Sakit Pusat di Helsingborg, Swedia, mengatakan kepada MSNBC bahwa bukan Apgar yang mengarahkan turunnya kemampuan kognitif. "Ini adalah alasan yang mengarahkan rendahnya skor Apgar (termasuk sesak napas, kelahiran pramatur, penggonaan obat saat ibu hamil serta melahirkan, dan infeksi) yang mungkin berdampak pada fungsi anak di masa depan," jelasnya.

Studi ini akan muncul dalam edisi bulan depan di Jurnal Obstetrics & Gynecology, seperti dilansir DailyMail, Jumat (22/7).

Para peneliti juga menekankan hanya satu dari 44 bayi yang baru lahir yang memliki nilai Apgar rendah yang kemuadian hari membutuhkan pendidikan khusus, sehingga ibu dari bayi dengan skor rendah tak punya alasan untuk khawatir.

Seperrti yang disampaikan Direktur Neonatologi di Columbia University Medical Center, Dr Richard Polin, bahwa kebanyakan bayi dengan skor Apgar kurang dari tujuh baik-baik saja.(MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini