Sukses

Darah Tercemar HIV/AIDS Tak Akan Digunakan

Dinas Kesehatan Kota Solo, Jawa Tengah, menjamin kantong darah yang diduga mengandung HIV/AIDS terkait temuan puluhan kantong darah di PMI setempat, tidak akan disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Liputan6.com, Solo: Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Solo, Jawa Tengah, menjamin stok darah yang diduga mengandung virus mematikan HIV/AIDS tak akan disalurkan kepada masyarakat yang memerlukan darah bagi penanganan kesehatan mereka. Semua stok darah tersebut, sudah di-screening dan diperiksa dengan teliti. Ini bertujuan menghindarkan kebocoran penggunaan kantong darah yang mengandung virus tersebut.

Sementara, pihak Palang Merah Indonesia setempat, kini terus meneliti kasus temuan puluhan kantong darah yang terinfeksi virus HIV/AIDS di PMI Kota Solo sepanjang 2010. Kantong darah yang diduga terinfeksi virus langsung dipisahkan. Selanjutnya dikirim ke Kementerian Kesehatan ke Jakarta untuk dicek ulang. Bila dinyatakan positif, maka akan langsung dimusnahkan [baca: Puluhan Kantong Darah Bervirus HIV/AIDS Ditemukan].(ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini