Sukses

"Super Imun" Versus Virus Influenza

Sebuah antibodi atau super imun pertama yang dapat melawan semua virus influenza tipe A berhasil ditemukan.

Liputan6.com, London: Ada kabar gembira dari dunia medis. Sebuah antibodi atau super imun pertama yang dapat melawan semua virus influenza tipe A berhasil ditemukan. Seperti dilansir BBC, penelitian pada tikus putih kecil yang terinfeksi flu itu dipublikasikan di Science Express, belum lama ini.

Dengan demikian, pengembangan super imun itu diharapkan berujung pada penemuan vaksin universal. Ini mengingat sampai sekarang vaksin harus dibuat setiap tahun karena virus flu terus berubah. Para peneliti dari Lembaga Penelitian Kedokteran Nasional di Mill Hill, Swiss, meneliti lebih dari 100.000 sampel sel imun dari penderita flu atau mereka yang mendapatkan vaksin influenza.

Mereka mengisolasi suatu antibodi yang disebut F16. Antibodi ini bekerja melawan protein yang ada di permukaan semua jenis virus influenza A yang disebut hemaglutinin. John Skehel, salah seorang peneliti, mengungkapkan timnya telah mencoba ke semua subtipe virus influenza A dan antibodi itu berinteraksi dengan semuanya. "Kami berharap bisa menyuntikkan antibodi itu sebagai terapi penyembuh flu."

Ternyata, tikus putih kecil atau mencit yang diberi F16 menunjukkan kekebalan terhadap virus flu babi alias H1N1 yang mematikan.(ANS)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini