Sukses

Cara Sehat Berpuasa

Untuk menjaga kesehatan fisik, situs About.com mempunyai beberapa cara pintar menjalankan ibadah puasa. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta: Bulan suci Ramadan tiba. Saatnya mempersiapkan lahir dan batin untuk fokus beribadah. Untuk menjaga kesehatan fisik, situs About.com mempunyai beberapa cara pintar. Yuk, kita simak tips-tips di bawah ini.

1. Makan sahur mendekati Subuh.
Memang berat menjalani ritual sahur di pagi buta. Namun, makan sahur akan membantu Anda untuk tetap berenergi. Makan sahur mendekati waktu Subuh juga akan mencegah Anda melewati salat Subuh. Disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks, protein, juga berbagai vitamin.

2. Makan secukupnya saat berbuka.
Makanlah secukupnya saat berbuka. Ikuti sunnah untuk berbuka dengan manisnya buah kurma dan secangkir minuman hangat. Anda dapat melanjutkan acara berbuka dengan mengonsumsi makanan rendah kalori setelah melakukan ibadah salat Maghrib. Makan secara bertahap akan membantu perut Anda, untuk beradaptasi kembali mencerna makanan seperti sedia kala setelah seharian menahan lapar.

3. Kurangi mengonsumsi kopi dan teh.
Hindari minum-minuman olahan seperti kopi, teh, atau soda, yang dapat meningkatkan produksi air seni dan mengeluarkan zat-zat mineral dalam tubuh yang diperlukan.

4. Lakukan olahraga ringan. 
Meski terkesan berat, berolahraga ringan saat menjalankan puasa dapat mengusir rasa rasa lesu, malas, dan mengantuk. Berolahraga dapat mengubah cadangan energi atau lemak dalam tubuh menjadi menjadi glukosa. Hasilnya, badan akan menjadi segar. Untuk merasakan efeknya, disarankan untuk melakukan olahraga ringan di sore hari menjelang waktu berbuka.(SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.