Sukses

Pantau Kesehatan lewat "Tato"

Pemantauan tanda-tanda vital pasien, seperti suhu tubuh dan denyut jantung, bisa dilakukan dengan alat nirkabel yang mirip tato temporer. Benarkah?

Liputan6.com, Illionis: Teknologi membuat Anda bisa memantau kesehatan dengan alat-alat yang lebih sederhana. Kini, Dailymail mewartakan, Jumat (12/8), pemantauan tanda-tanda vital pasien, seperti suhu tubuh dan denyut jantung, bisa dilakukan dengan alat nirkabel yang mirip tato temporer.

"Apa yang kita coba lakukan di sini adalah untuk benar-benar membentuk dan mendefinisikan kembali elektronik, agar tampak bisa melihat lebih jauh tubuh manusia,
Tujuannya adalah untuk mengaburkan perbedaan antara elektronik dan jaringan biologis," kata John A Rogers dari Universitas Illinois, Amerika Serikat.

Monitor pada alat itu menyerupai perban dan berisi antena yang dapat digunakan untuk mengirimkan data. Hasilnya adalah sebuah sensor yang cukup fleksibel untuk bergerak dengan kulit dan akan bisa terpantau tanpa perekat. "Tato" itu memungkinkan pemantauan lebih mudah dan lebih dapat diandalkan

Alat seperti tato itu juga sangat aman dipakai, sehingga pasien tidak merasa tergangu. Sensor tersebut begitu tipis dan dapat dikenakan dengan nyaman pada kulit, tanpa pasien menyadarinya. "Dengan menghilangkan kabel besar dan elektroda yang digunakan dalam monitor akan membuat perangkat lebih nyaman bagi pasien," kata peneliti.(SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.