Sukses

Pengucilan Dapat Sebabkan Kematian Dini

Adakah hubungan pengucilan dengan kematian dini? Hasil penelitian yang dikutip situs Zeenews.com, Ahad (14/8) menyatakan ada. Orang yang secara sosial dikucilkan dan cenderung terisolasi mudah sakit dan gampang mati.

Liputan6.com, Washington: Adakah hubungan pengucilan dengan kematian dini? Hasil penelitian yang dikutip situs Zeenews.com, Ahad (14/8) menyatakan ada. Orang yang secara sosial dikucilkan dan cenderung terisolasi dapat menyebabkan kesehatan fisik menjadi buruk dan bisa mati lebih cepat, dibanding orang yang memiliki dukungan batin dari orang lain.

Penolakan terhadap seseorang dapat mengganggu kehidupan bermasyarakat pada umumnya. Tak hanya itu, dapat pula berkontribusi terhadap hal kekerasan.

"Orang yang merasa terisolasi dan kesepian atau ditolak cenderung memiliki kesehatan fisik yang buruk," kata Nathan Dewall, seorang psikolog di University of Kentucky. Dewall menambahkan, mereka tidak dapat tidur dengan baik, sistem kekebalan tubuh mereka menurun. Mereka bahkan cenderung mati lebih cepat daripada orang yang banyak dikelilingi oleh orang lain yang peduli. 

Orang yang mengalami depresi kemungkinan akan dikucilkan lebih besar karena gejala gangguan yang mereka alami dan sikap penolakan hanya membuat mereka semakin tertekan, kata DeWall yang melakukan penelitian dengan Brad J. Bushman dari Ohio State University.

Sementara itu, Dewall juga menemukan bahwa orang yang memiliki perasaan diabaikan atau dikecualikan juga dapat berkontribusi untuk melakukan bunuh diri. Studi ini dipublikasikan dalam Current Directions in Psychological Science, sebuah jurnal dari Association for Psychological Science. (JAY/Vin)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.