Sukses

Tingkatkan Metabolisme dengan Rempah-rempah

Rempah-rempah seperti kunyit, kayu manis, bawang putih, dan paprika ke dalam makanan secara signifikan membantu mengurangi tingkat trigliserida dan insulin.

Liputan6.com, New York: Kabar baik bagi para pecinta makanan pedas. Hasil penelitian yang diterbitkan oleh jurnal kesehatan The Journal of Nutrition menunjukkan makanan pedas yang kaya akan rempah dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

Rempah-rempah seperti kunyit, kayu manis, bawang putih, dan paprika ke dalam makanan secara signifikan membantu mengurangi tingkat trigliserida dan insulin. "Rempah-rempah tersebut sangat penting untuk mengurangi laju oksidasi yang menjadi sumber utama naiknya risiko dari serangan berbagai penyakit kronis," kata pimpinan penelitian, Sheila West.

Dalam percobaan ini, para peneliti melibatkan enam pria yang memiliki berat badan berlebih berusia 30 sampai 65 tahun. Pada bagian pertama, secara rutin relawan mengonsumsi ayam santan, nasi putih, roti keju, dan makanan penutup berupa biskuit. Setelah seminggu kemudian, para relawan tersebut beralih mengonsumsi makanan dengan campuran rempah-rempah. Kemudian menu ayam tersebut diolah menjadi kari ayam, roti isi ramuan herbal dan biskuit dari kayu manis.

Selanjutnya, peneliti mengambil sampel darah peserta sebelum makan dan setiap 30 menit selama hampir empat jam sesudahnya. Ditemukan, penambahan rempah-rempah secara signifikan mengurangi respons insulin hingga 21 persen dan trigliserida 31 persen, meskipun tidak ada efek pada glukosa.(Medicmagic/ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini