Sukses

Stop Penyebaran Virus HIV/AIDS Sekarang Juga

Berbagai bentuk kampanye dilakukan untuk menghentikan penyebaran virus HIV/AIDS. Satu di antaranya melalui lomba rap nasional, seperti yang digelar di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta: Sebanyak 80 persen pengidap HIV/AIDS adalah kalangan usia produktif atau anak-anak muda. Berbagai kampanye pencegahan penularan virus mematikan tersebut pun terus digalakkan. Salah satunya melalui lomba Rap nasional ke-6 yang berlangsung di Taman Menteng, Jakarta Pusat, Ahad (20/11).

Ajang musik yang diselenggarakan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) digelar untuk memperingati Hari AIDS Internasional 2011. Melalui kegiatan ini diharapkan penularan HIV AIDS dapat dicegah di kalangan anak muda.

"Melalui lomba ini diharapkan para remaja tidak terjerumus untuk mengkonsumsi narkoba, tidak terinveksi HIV/AIDS, serta tidak melakukan seks bebas. Akan tetapi remaja dapat bertanggung jawab dan berperilaku positif," ujar Kepala BKKBN Sugiri Syarif usai membuka perlombaan.

Di beberapa provinsi di Indonesia, lanjut Sugiri, saat ini sudah terjadi epidemi. "Bahkan di Provinsi Papua sudah menunjukkan generalized epidemic, di mana masyarakat umum sudah terinfeksi lebih dari dua persen dengan tingkat case rate 180,69. Artinya terdapat 180 orang terinfeksi HIV pada setiap 100 ribu penduduk di Papua," paparnya.(APY/ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.