Sukses

Usir Mata Kering dengan Lima Langkah

Kondisi mata kering umumnya ditandai dengan rasa gatal, sakit, dan kemerahan. Untuk mencegah atau mengurangi rasa tak nyaman dari mata kering, cobalah melakukan lima langkah-langkah berikut.

Liputan6.com, Houston: Kondisi mata kering umumnya ditandai dengan rasa gatal, perih, dan kemerahan. Pemicu kondisi ini bisa jadi berasal dari alergi, polusi, terlalu lama di depan komputer atau cuaca panas. Selain itu, hormon juga sangat berpengaruh.

Pada perempuan berusia di atas 40 tahun, produksi air mata mulai berkurang. Untuk mencegah atau mengurangi rasa tak nyaman dari mata kering, cobalah melakukan lima langkah-langkah berikut.

1. Pilih lensa kontak bebas pengawet
Jika Anda menggunakan lensa kontak, pilih yang tidak mengandung bahan pengawet. Pasalnya, pengawet dapat menyebabkan iritasi mata, kering, dan gatal. Jadi, cobalah untuk lebih selektif dalam memilih lensa kontak.

2. Hindari menggunakan tetes mata
Jangan langsung menggunakan tetes mata, jika mata Anda terasa kering namun tak memerah. Obat tetes tersebut mengandung decongestan yang justru bisa mengecilkan pembuluh darah mata. Ini dapat membahayakan penglihatan.

"Fungsi tetes mata untuk mengatasi kemerahan dan iritasi, bukan untuk mata kering," ungkap Silvia Orengo-Nania, asisten profesor klinis optalmologi di Baylor College of Medicine, Houston, Amerika Serikat.

3. Buat suhu lebih lembab
AC di ruang kerja juga dapat memicu mata kering. Untuk itu, tingkatkan kelembaban di dalam ruangan dengan alat bantu untuk menciptakan kelembaban tersebut. Jika mungkin, buka jendela sesekali untuk menghasilkan kelembabab alami.

4. Kurangi konsumsi minuman beralkohol
Minum minuman beralkohol tidak hanya membuat mulut kering, tetapi juga mata Anda. Jika Anda menyukai minuman tersebut, sepertinya Anda harus mengurangi konsumsinya. Untuk menghindari risiko mata kering.

5. Pengobatan sebelum tidur
Jika Anda sering bangun di pagi hari dan merasa mata Anda kering, perih, dan gatal, Anda dapat mencegahnya dengan memakai salep mata pelembab. Obat ini banyak tersedia di apotek. Oleskan sebelum tidur, mata akan terasa buram namun keesokan harinya akan terasa segar dan lembab. (MedicMagic/TNT/MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.