Sukses

Minuman Manis Buruk untuk Jantung Wanita

Sebuah studi baru menemukan bahwa minum dua atau lebih minuman manis dalam sehari bisa memperluas pinggang wanita dan meningkatkan resiko penyakit jantung dan diabetes.

Liputan6.com, Washington: Sebuah studi baru menemukan bahwa minum dua atau lebih minuman manis dalam sehari bisa memperluas pinggang wanita dan meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes.

Dalam studi ini, peneliti membandingkan setengah wanita baya dan tua yang minum dua atau lebih minuman manis dalam sehari, seperti soda atau air yang dicampur tambahan gula. Mereka mengonsumsi dua atau lebih minuman per hari hampir empat kali lebih kemungkinan terkena trigliserida tinggi, dan bisa meningkatkan ukuran pinggang mereka dan juga mengembangkan gangguan kadar glukosa.

"Wanita yang minum lebih dari dua gelas minuman manis dalam sehari, akan membuat ukuran pinggang meningkat. Namun belum tentu diiringi dengan kenaikan berat badan," kata Christina Shay, Ph.D., Penulis Utama Studi dan Asisten Profesor di Universitas Kesehatan Oklahoma, Amerika Serikat.

"Perempuan-perempuan ini juga dikembangkan trigliserida yang tinggi, dan wanita dengan kadar glukosa darah yang normal lebih sering memiliki risiko rendah  terkena diabetes dari waktu ke waktu," katanya.

Shay menambahkan, wanita mungkin memiliki kesempatan mengembangkan faktor risiko penyakit kardiovaskular akibat minuman manis,  karena mereka membutuhkan kalori lebih sedikit dibanding laki-laki yang membuat kalori dihitung setiap saat untuk mencapai risiko kardiovaskular pada wanita.

Namun, para peneliti belum menentukan dengan tepat bagaimana minuman manis mempengaruhi faktor resiko penyakit jantung seperti trigliserida tinggi bagi seseorang yang berat tubuhnya ideal. (TOI/MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini