Sukses

Positif Terinfeksi, RO Diisolasi

RO, salah seorang warga Kabupaten Tangerang, Banten, yang dinyatakan positif terinfeksi flu burung, dirawat di ruang isolasi RSUD Tangerang.

Liputan6.com, Tangerang: RO, warga Kelurahan Mekarsari, Kabupaten Tangerang, Banten, yang berusia 18 tahun, Sabtu (21/1) petang, dilarikan ke ruang isolasi Rumah Sakit Umum Daerah Tangerang. Sesuai keterangan Direktur RSUD Tangerang, RO akhirnya dinyatakan positif terinfeksi flu burung. Ia menjadi pasien flu burung pertama dirawat di ruang isolasi yang baru diresmikan Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih pada Desember lalu.

Sebelum dirawat di RSUD Tangerang, sejak Jumat dini hari RO dirawat di Rumah Sakit Sari Asih, Karawaci. Selama enam hari sebelumnya, RO menderita demam tinggi disambung dengan sesak napas, serta gangguan suara.

Awal tahun ini flu burung telah merenggut dua korban jiwa. Pada 16 Januari silam, flu burung atau virus H5N1 merenggut nyawa bocah perempuan berusia lima tahun, Adra Soraya Ramadhani, warga Sunter, Jakarta Utara. Sebelumnya paman Soraya, Puguh Dwi Yanto, meninggal juga akibat flu burung pada 7 Januari lalu.

Menteri Kesehatan pun mengimbau masyarakat semakin waspada. Ia pun menyarankan tempat pemeliharaan unggas sebaiknya dijauhkan dari hunian. Kendati demikian, Endang mengatakan, sejauh ini belum terdeteksi penularan virus flu burung antarmanusia. Penularan baru terjadi dari unggas ke manusia. Adapun terhitung sejak 2005 di Indonesia, flu burung telah merenggut 184 korban jiwa.(ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini