Sukses

Omega-3 Bantu Bentuk "Helm" Sperma Lebih Kuat

Asam lemak yang ada pada sejumlah jenis makanan sangat penting untuk mengubah kepala bundar sperma menjadi perenang yang kuat dengan bentuk kepala kerucut yang dikemas dengan telur pembukaan protein.

Liputan6.com, Jakarta: Asam lemak yang ada pada sejumlah jenis makanan sangat penting untuk mengubah kepala bundar sperma menjadi perenang yang kuat dengan bentuk kepala kerucut yang dikemas dengan telur pembukaan protein.

Demikian sebuah studi yang baru ditemukan. Menurut laman myhealthnewsdaily.com, baru-baru ini, Docosahexnoic asam, juga disebut DHA, adalah omega-3 asam lemak penting yang terlibat dalam mata dan perkembangan otak.

"DHA tinggi dalam testis dan otak, tetapi sampai ini tidak dipahami dengan baik apa yang dilakukan dalam jaringan," ujar peneliti studi,  Manabu Nakamura, dari University of Illinois di Urbana-Champaign, kepada LiveScience.

"Sekitar tiga tahun yang lalu kami menciptakan tikus yang tak mampu membuat DHA sendiri. Kami belajar bahwa DHA sangat penting untuk pembentukan sperma." tambah Nakamura dan rekan yang mengetahui pentingnya DHA untuk sperma yang sehat.

Seperti omega-3, DHA ditemukan pada ikan, terutama ikan air dingin laut, dan ganggang. Untuk ikan, makanan laut dan ganggang tidak satu-satunya makanan yang memiliki sumber tersebut. Tubuh Anda juga bisa membuat DHA dari omega-3 lainnya

Dalam penelitiannya, Nakamura dan rekan mempelajari tikus tanpa enzim DHA-sintesis. Ia menemukan jika tikus-tikus laki-laki yang subur tak mendapatkan DHA dalam makanan mereka, maka kesuburan akan kembali hadir di saat mereka diet yang dilengkapi dengan asam lemak.

Menyusul temuan ini, dalam studi baru tim melihat bagaimana sperma berkembang dalam tikus yang kekurangan DHA. Para peneliti menentukan bahwa DHA berperan dalam pembentukan struktur yang disebut akrosom pada kepala sperma. Akrosom adalah struktur caplike runcing yang mengandung enzim yang bertugas menembus pertahanan luar telur, yang memungkinkan sperma membuahi ovum.

"Para akrosom di atas kepala kerucut ini adalah raksasa, itu adalah karung besar berisi banyak enzim," kata Nakamura. "Ketika sperma bertemu sel telur, semburan akrosom yang melepaskan enzim dapat membantu sperma menembus sel telur."

Tanpa DHA, fusi membran tidak terjadi. Jika vesikel tidak menyatu, akrosom tidak terbuat dan menghentikan pematangan sperma. Pada titik ini, para peneliti hanya melihat sperma dengan kepala bulat, bukan berbentuk kerucut kepala sperma yang sehat.

Tentang DHA

Karena manusia dan mamalia lainnya mampu membuat DHA sendiri dari asam lemak lain, kekurangan DHA adalah sangat tidak umum. Tapi, jika enzim DHA-sintesis rusak ini bisa menyebabkan masalah dengan kesuburan. Tingkat darah rendah DHA telah dikaitkan dengan kesuburan yang menurun di masa lalu, sedangkan diet yang kaya DHA bisa menjernihkan masalah ketidaksuburan ini.

"Selama ini sistem endogen bekerja dengan baik, manusia dapat mensintesis DHA yang cukup dalam tubuhnya jika mereka memiliki prekursor," kata Nakamura. Tapi bagi sejumlah orang mungkin memiliki penurunan kemampuan pada sintesis DHA. " Dalam hal ini suplemen makanan dapat membantu," sarannya.

Dalam jangka panjang, akrosom bisa menjadi target untuk pil KB laki-laki. Jika pembentukan akrosom bisa diaktifkan dan dimatikan, namun para peneliti tidak mempelajari hal itu. Mereka mencari ke bagian lain dari tubuh untuk melihat bagaimana kekurangan DHA mempengaruhi otak dan fungsi mata. Ini bisa bertindak dengan cara yang sangat mirip, dengan memfasilitasi fusi vesikel, di bagian lain dari tubuh.(MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.