Sukses

Tangkal Penyebaran HIV, Hotel Cina Sediakan Kondom

Kondom dan mesin penjual kondom akan tersedia di seluruh hotel di Negeri Tirai Bambu. Rencananya aksi tersebut akan mulai diberlakukan pemerintah pada 2015 mendatang.

Liputan6.com, Beijing: Beberapa tahun mendatang, mesin penjual alat kontrasepsi kondom ataupun kondom akan tersedia di hampir seluruh hotel di Cina. Wacana rencana aksi nasional yang disampaikan oleh pemerintah Beijing pada Rabu (29/2), akan diterapkan pada 95 persen penginapan dan diberlakukan mulai 2015 mendatang.

Dewan Negara atau Kabinet Cina menerbitkan Rencana Aksi AIDS itu untuk periode Rencana Lima Tahunan ke-12 (2011-2015) di situs resmi pemerintah. Langkah tersebut dilakukan guna mencegah infeksi Human Immunodeficiency Virus dan Acquired Immune Deficiency Syndrome (HIV/AIDS) melalui hubungan seksual. Sebab, aktivitas tersebut telah menjadi saluran transmisi penyakit tersebut yang paling umum di Cina.

Berdasarkan rencana tersebut, rasio penggunaan kondom akan meningkat hingga 90 persen. Tak hanya itu, jumlah pengguna narkotik jenis suntik pun diperkirakan menurun sebesar 15 persen pada 2015. Pemerintah diminta pula menyediakan kondom di tempat-tempat umum.

Hingga saat ini, Cina memiliki sekitar 780.000 orang yang terjangkit HIV/AIDS. Termasuk, 154.000 pasien yang telah mengidap AIDS.(TNT/ANS/Xinhua)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini