Sukses

Waspada! Mi Berformalin Banyak Beredar

Mi ayam menjadi salah satu makanan favorit masyarakat saat ini. Tapi, Anda harus berhati-hati. Jangan-jangan mi yang Anda santap memiliki kandungan formalin di dalamnya.

Liputan6.com, Bandung: Mi ayam menjadi salah satu makanan favorit masyarakat saat ini. Tapi, Anda harus berhati-hati. Jangan-jangan mi yang Anda santap memiliki kandungan formalin di dalamnya.

Bahan kimia berbahaya ini seharusnya tidak digunakan untuk makanan. Namun, hingga kini masih ada saja pengusaha nakal yang memakainya. Formalin biasanya digunakan sebagai bahan perekat, disinfektan peralatan rumah sakit, dan mengawetkan mayat.

Hal itu terbukti saat petugas Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Bandung dan polisi merazia sebuah pabrik mi di Bandung, Jawa Barat, Selasa (6/3). Pabrik yang memproduksi satu ton mi per hari itu diduga menggunakan formalin dan zat berbahaya lainnya.

Dari penggerebekan ini, petugas menemukan 10 jeriken formalin, tawas, zat pewarna mi dan 10 karung mi berformalin yang siap diedarkan. Bila dikonsumsi, mi ini tentunya sangat membahayakan kesehatan.(APY/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.