Sukses

Kolestrol Juga Bisa Melawan Kanker

Kolestrol yang dianggap berbahaya bagi kesehatan ternyata juga memiliki nilai postif. Berdasarkan penelitian, kolestrol bisa melawan kanker.

Liputan6.com, Vancouver: Kolestrol yang dianggap berbahaya bagi kesehatan ternyata juga memiliki nilai postif. Berdasarkan penelitian, kolestrol bisa melawan kanker. Penelitian yang dilakukan Universitas Simon Fraser di Vancouver, Kanada, menemukan, kolesterol dapat memperlambat atau menghentikan pertumbuhan sel kanker dengan kandungan protein di dalamnya.
 
Para ilmuwan menemukan kolesterol bergerak di sekitar sel-sel di dalam lemak kanker. Sel pada kolestrol memperkuat membran luar mereka dan mulai melawan protein kanker. "Asumsinya adalah mengikat ORP dan sel kolesterol dengan cara yang sama. Lalu, bagaimana lipoprotein mengikat dan bergerak di sekitar luar sel lemak melalui aliran darah," ungkap Chris Beh, salah seorang peneliti.
 
Perubahan genetik rekayasa terjadi sehingga sel memiliki kemampuan untuk mengikat ORP kolesterol. Bahkan, ORP diubah lebih baik dan mengaktifkan protein regulator lainnya dan memicu berbagai proses seluler yang merangsang pertumbuhan sel. Sebaliknya, kolesterol mengikat rem pada kemampuan ORP untuk mengikat lipid atau lemak PI4P. Akibatnya, pertumbuhan sel kanker yang sangat cepat itu menjadi lambat. 
 
"Senyawa alami yang terlihat seperti steroid atau kolesterol dapat membunuh spektrum yang luas dari sel-sel kanker yang berbeda," tambah Chris.
 
Pertumbuhan sel yang tidak terkendali adalah fitur kunci dari kanker. Para peneliti memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang tujuan sebenarnya dari sel pengikat kolesterol yang penting dalam pengobatan kanker.(ZeeNews/ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.