Sukses

Tips Mengobati Luka Bakar

Terpapar terik matahari dalam waktu lama dapat membuat kulit Anda terbakar. Berikut cara sederhana mengobati sengatan matahari versi Times of India.

Liputan6.com, New Delhi: Terpapar terik matahari dalam waktu lama dapat membuat kulit Anda terbakar. Akibatnya muncul bercak kemerahan hingga hitam, yang terkadang menimbulkan rasa perih pada kulit.

Berikut cara sederhana mengobati sengatan matahari versi Times of India, Senin (11/6).
1. Mandilah menggunakan air dingin. Guyuran air dingin dipercaya dapat menghilangkan rasa sakit dan menghilangkan iritasi pada kulit.
2. Kompres menggunakan air dingin pada bagian yang tersengat matahari. Gunakan selembar kain yang direndam dalam air dingin, kemudian kompres sekitar setengah jam hingga kain tak lagi terasa dingin.
3. Lidah buaya juga dipercaya dapat mengobati kulit yang terbakar matahari. Kandungan lidah buaya kini dapat ditemukan dalam bentuk gel atau lotion. Oleskan di atas kulit yang terbakar, namun jangan menggosokkan krim atau gel tersebut agar tak terasa perih.
4. Bahan makanan di rumah juga bisa digunakan untuk mengobati luka bakar. Caranya, oleskan kulit yang terbakar menggunakan campuran jus kentang dan oatmeal. Diamkan beberapa saat hingga kering, lalu bilas dengan air dingin.
5. Mengompres bagian tubuh yang terbakar dengan rendaman teh juga dipercaya dapat mendinginkan kulit yagn terasa panas.
6. Jangan mengupas kulit yang terbakar, biarkan terlepas secara alami agar tidak menambah luka.
7. Jangan lupa untuk minum banyak air. Tersengat matahari dapat menyebabkan dehidrasi, jadi penting untuk minum sedikitnya delapan gelas sehari agar cepat pulih.(SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini