Sukses

Ramadan, Mobil Donor Darah Sambangi Rumah Ibadah

Mobil donor darah milik Palang Merah Indonesia menyambangi rumah ibadah, yakni masjid dan gereja, untuk mencegah terjadinya kekurangan stok darah selama Ramadan dan menjelang Idul Fitri 1433 H.

Liputan6.com, Jakarta: Mobil donor darah milik Palang Merah Indonesia menyambangi rumah ibadah, yakni masjid dan gereja, untuk mencegah terjadinya kekurangan stok darah selama Ramadan dan menjelang Idul Fitri 1433 H.

"Kalau situasi seperti sekarang (bulan puasa), maka masyarakat yang beragama Islam melakukan donor pada malam saat sehabis Salat Tarawih. Jadi, PMI menempatkan mobil donor darah di masjid-masjid besar di Jakarta," ujar Ketua Umum PMI Jusuf Kalla, di Jakarta, Jumat (27/7).

Pada siang harinya, kata mantan Wakil Presiden itu, mobil tersebut akan berada di gereja-gereja. Menurut dia, kegiatan itu sudah berjalan sejak awal Ramadan.

"Memang menurun stok darah yang didapat ketika Ramadan dari sebelumnya," tambah dia.

Pada hari yang sama, JK juga melakukan pemantauan terhadap pasokan darah di kantor PMI DKI Jakarta di Jalan Kramat Raya. Setelah melakukan pemantauan, JK memastikan stok darah yang ada mencukupi kebutuhan darah di ibu kota negara itu.

"Alhamdulillah sampai sekarang stok darah mencukupi yakni dua setengah hari. Jadi, stok untuk Ramadhan dan Idul Fitri aman," kata dia.

Pasokan darah di Indonesia masih dalam tahap kritis karena kantong darah yang terkumpul lebih kecil dibandingkan dengan kebutuhan kantong darah.

Berdasarkan data PMI, kebutuhan darah di Indonesia pada 2010 mencapai 4,5 juta kantong per tahun, sedangkan darah yang berhasil terkumpul dari para pendonor hanya 3,5 juta kantong.(ANT/MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini