Sukses

Konsumsi Kiwi, Jaga Nutrisi Tubuh Saat Puasa

Kiwi adalah buah yang kaya akan vitamin C dan memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga membantu metabolisme tubuh terutama dalam menjaga kadar gula darah agar tetap stabil.

Liputan6.com, Jakarta: Buah yang banyak mengandung serat dan vitamin C sangat diperlukan tubuh untuk menjalani puasa. Satu di antaranya buah kiwi. "Kiwi adalah buah yang kaya akan vitamin C dan memiliki indeks glikemik yang rendah," kata dokter spesialis gizi klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Fiastuti Witjaksono, baru-baru ini.

Ia menjelaskan, indeks glikemik rendah membantu metabolisme tubuh terutama dalam menjaga kadar gula darah agar tetap stabil. Sebab, gula darah yang stabil mempengaruhi produksi insulin menjadi terkontrol sehingga produksinya tidak terlalu banyak.

Fiastuti juga menjelaskan, hormon insulin yang terlalu banyak akan membuat rasa lapar lebih cepat terasa. "Selain itu, kiwi adalah buah yang tinggi akan serat, baik serat larut dan serat tak larut," paparnya.

Serat larut berfungsi untuk menjaga penyerapan karbohidrat dan lemak. Sementara, serat tak larut membantu untuk menjaga bakteri baik yang memberi makan sel usus.

Fiastuti juga mengemukakan, kiwi adalah satu-satunya buah yang mengandung enzim pencernaan yang bernama enzim actinidin. Enzim ini berfungsi untuk membantu mencerna protein menjadi lebih optimal. "Dengan protein yang tercerna optimal, otomatis tubuh memiliki nutrisi yang cukup untuk menjaga tubuh selama menjalani ibadah puasa," demikian Fiastuti.(DIA/ANS/Antara)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini