Sukses

Melahirkan Secara Normal dengan Senam Pilates

Perempuan manapun tentu menginginkan bisa melahirkan secara normal. Kini telah hadir senam pilates khusus untuk ibu hamil yang dipercaya bisa membantu persalinan secara normal.

Liputan6.com, Jakarta: Kaum perempuan tentu menginginkan bisa melahirkan secara normal. Untuk membantu keinginan tersebut saat ini hadir senam pilates. Senam yang telah dimodifikasi untuk ibu hamil yang dipercaya bisa membantu persalinan normal. "Prinsip dasarnya adalah senam yang sifatnya konsentrasi dan pemusaatan pada otot-otot tertentu," kata Botefilia, dokter spesialis kandungan.

Pernafasan dan pemusatan pikiran menjadi salah satu dasar latihan yang dikombinasikan gerakan senam hamil pada umumnya. Gerakan inti di antaranya untuk mencegah kaki bengkak. Tidak ketinggalan melatih otot panggul. Latihan otot perut juga penting bagi ibu hamil. Semua dilakukan sembari terus mengatur pernapasan.

Seorang ibu yang telah menjajal keampuhan senam pilates ini adalah Leni. Tiga bulan lalu ia melahirkan putra pertamanya secara normal. Namun dia sempat khawatir karena dinyatakan harus caesar karena bayinya sungsang. "Yang dilatih organ perut dan panggul. Jadi mungkin bayi saya merasakan kontraksi jadi dia mau bergerak sendiri," ucap Leni.

Anda tertarik? Senam hamil pilates ini bisa Anda temukan salah satunya di Rumah Sakit Ibu dan Anak Tambak, Manggarai, Jakarta Selatan. Biayanya cukup murah, yaitu Rp 60 ribu untuk empat kali senam.(YNI)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.