Sukses

Perhatikan Pola Makan Anak Pasca-ASI Eksklusif

Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan amat disarankan untuk kesehatan anak. Tapi jangan lupa memenuhi kebutuhan gizi selepas enam bulan. Berat badan anak yang tak bertambah atau sulit bertambah menjadi tanda anak mengalami kurang gizi.

Liputan6.com, Jakarta: Pemberian air susu ibu eksklusif selama enam bulan amat disarankan untuk kesehatan anak. Namun jangan lupakan juga pemenuhan gizi selepas enam bulan. Sebab bukan tidak mungkin kasus kekurangan gizi ditemukan akibat pola makan yang tidak memperhatikan kandungan gizi.

Hafiz, misalnya. Meski sudah berusia dua setengah tahun, tubuhnya kurus dan lebih kecil dari anak seusianya. Selepas ASI eksklusif, sang ibu memberikan makanan sesuai selera Hafiz yang lebih suka jajan dan makan mi instan. Padahal seharusnya makanan padat mulai diperkenalkan sejak usia dini.

Pasca-ASI ekslusif atau sejak bayi berumur enam bulan, ibu seharusnya mulai memberikan bubur susu dan buah seperti pisang atau pepaya parut serta sayuran, misalnya wortel dan bayam. Namun pola makanan padat ini tetap harus dikonsultasikan dengan dokter.(YNI)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.