Sukses

Banyak Flora Bermanfaat, Bahkan Berkhasiat

Tahukah Anda, bila sejumlah tumbuhan yang biasa ditanam, ternyata memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Lidah buaya dan jamur teh, umpamanya, dipercaya bisa menyembuhkan beragam jenis penyakit.

Liputan6.com, Jakarta: Banyak yang tak menyadari bila sejumlah tumbuhan yang biasa ditanam memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Inilah yang coba ditampilkan dalam Pameran Flora dan Fauna di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, 1-31 Agustus 2008.

Tanaman lidah buaya, misalnya, selama ini diketahui cuma berkhasiat untuk menyuburkan rambut. Padahal, setelah diolah menjadi minuman, lidah buaya juga bisa menyembuhkan penyakit tulang seperti pengapuran.

Silvia Fanning, misalnya, mencoba meracik lidah buaya menjadi jus dan cocktail untuk menyembuhkan penyakit pengapuran yang dideritanya. Setelah minum jus tersebut secara rutin, penyakitnya sembuh. Bahkan, ia tak perlu menjalani operasi. Minuman sehat ini juga relatif murah, yakni Rp 6.000 per botol.

Ada pula kombucha, sejenis jamur teh yang hidup dalam larutan nutrisi di atas teh manis. Jamur ini biasa digunakan sebagai obat diabetes dan mampu meningkatkan daya tahan tubuh dari infeksi. Harganya Rp 50 ribu untuk ukuran kecil hingga Rp 300 ribu yang besar.(ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.