Sukses

Tanda BPOM di Kemasan Bukan Jaminan Aman

Tanda BPOM dan ML atau makanan luar di kemasan tak menjamin produk tersebut amam, seperti kasus Oreo. Apalagi sejak marak susu Cina berbahaya. Namun, produsen Oreo membantah produknya menggunakan susu dari Cina.

Liputan6.com, Jakarta: Jika terdapat tanda Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) dan ML atau makanan luar, maka produk tersebut berarti sudah aman dikonsumsi. Sebab, sudah lolos dari pengujian Badan POM. Namun, itu dulu. Sekarang, bukan jaminan. Sebab sejak marak susu berbahaya dan produk turunannya dari Cina, Badan POM tegas menyatakan produk Oreo berkode ML harus ditarik untuk diuji ulang.

Namun, langkah Badan Pom yang keburu mengumumkan ke media dinilai Franky Sibarani akan sangat berdampak besar serta merugikan produsen produk serupa di Tanah Air. "Implikansinya bukan hanya susu dimana masyrakat meragukan susu, tapi juga produk-produk turunannya seperti permen, es krim, atau biskuit," kata Sekretaris Jenderal Pusat Informasi Produk Makanan dan Minuman itu di Jakarta, Kamis (25/9).

Produsen Oreo membantah pengumuman Badan Pom yang mencamtumkan produk Oreo berbahaya karena diduga menggunakan susu dari yang terkontamisani melamin. PT Kraft jelas-jelas menegaskan biskuit oreo tak menggunakan susu dari Cina [baca: BPOM Tarik 28 Produk Olahan Susu Cina].(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini