Sukses

Pilihlah Tempat Tidur yang Sesuai

Merokok mungkin adalah satu dari sederet penyebab penyakit terbesar di dunia yang dapat dicegah. Beberapa penyakit yang disebabkan rokok yang dapat dicegah adalah penyakit jantung, kanker paru-paru, keguguran, dan masih banyak penyakit lainnya.

Apakah Anda tahu bahwa rata-rata setiap orang menghabiskan waktu sepertiga dari hidupnya di tempat tidur? Anda seringkali tidak menyadari bahwa tempat tidur yang Anda gunakan sangat mempengaruhi punggung Anda. Tidak ada satu perabot pun di rumah yang digunakan dan dapat mempengaruhi kesehatan punggung Anda. Jadi pemilihan tempat tidur sangat esensial untuk kesehatan punggung Anda.

Tidur sangat penting untuk Anda. Kurang tidur dapat menyebabkan menurunnya kesehatan Anda dan meningkatnya nyeri pada punggung. Tulng punggung Anda telah bekerja keras seharian penuh dalam menopang beban tubuh. Istirahat sangat dibutuhkan untuk menunjang aktivitas Anda sehari-hari. Permukaan tempat tidur yang tidak sesuai dapat secara tidak langsung menyebabkan terganggunya aktivitas sehari-hari.

Tempat tidur yang sesuai dapat meningkatkan kualitas tidur Anda setiap malam. Tempat tidur tanpa alas yang sesuai dapat menyebabkan kelelahan otot dan terganggunya tidur Anda. Alas yang sesuai adalah yang sama dengan kesegarisan tulang punggung sewaktu Anda berdiri. Jika tubuh Anda dapat beristirahat pada posisi natural, maka otot-otot dapat beristirahat dengan maksimal.

Sewaktu membeli tempat tidur, ada beberapa hal yang harus menjadi pertimbangan Anda. Antara lain:
  • Tipe
Ada beberapa jenis dari tempat tidur. Seperti spring bed, busa, kasur air, dan kasur udara. Jenis yang paling sesuai adalah yang dapat memberikan Anda kenyamanan yang maksimal.
  • Pondasi
Tempat diletakkannya kasur juga merupakan bagian yang penting dalam pemilihan tempat tidur. Pondasi yang sesuai dengan kasur dapat memperlama usia dari kasur tersebut. Jadi, antara kasur dan pondasinya harus dipilih yang sesuai.
  • Kelembutan
Tidak sepenuhnya benar bahwa semakin lembut kasur, maka semakin bagus kasur tersebut. Kasur yang terlalu lembut tidak dapat menunjang secara rata berat tubuh Anda, cenderung hanya menunjang titik pada tubuh yang paling berat saat tidur. Sehingga otot-otot Anda malah tidak dapat beristirahat karena harus bekerja mencari posisi yang nyaman dan mempertahankannya.
  • Kenyamanan
Sewaktu membeli kasur, pastikan Anda mencobanya. Cobalah keseluruhan bagian dari kasur tersebut. Jika Anda tidur berpasangan, cobalah berbaring secara bersamaan. Pastikan luas tempat tidur cukup untuk berdua. Carilah kasur yang paling membuat tulang punggung Anda nyaman.
  • Ketahanan
Carilah material kasur yang dapat bertahan lama. Pastikan penjual mempunyai garansi jika sewaktu-waktu terjadi kerusakan pada tempat tidur yang akan dibeli. Tempat tidur yang bagus adalah yang dapat bertahan 8-10 tahun.
Tanda-tanda bahwa Anda memerlukan kasur yang baru adalah:
  • Pada saat bangun pagi, Anda merasa lelah dan tidak nyaman atau bahkan sakit.
  • Kasur Anda terlihat usang atau sudah mulai berbunyi.
  • Anda merasa tempat tidur tidak membuat Anda merasa nyaman.

Posisi tidur sangat mempengaruhi kualitas tidur. Posisi tidur yang paling baik adalah dalam posisi miring, dengan menggunakan bantal atau guling di antara kedua kaki Anda. Jika Anda tidur terlentang, pastikan Anda meletakkan bantal di bawah lutut sehingga dapat menunjang kelengkungan alami dari tulang punggung. Tidur dalam posisi telungkup tidak baik karena dapat mengubah kelengkungan alami dari tulang punggung Anda, dan juga meningkatkan tekanan terhadap paru Anda.

Jadi, tempat tidur yang sesuai sangat berperan penting dalam kualitas tidur Anda. Dengan kualitas tidur yang baik, maka tubuh Anda akan terasa sagar dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Selamat beristirahat.[](HM)

Link: http://www.klikdokter.com/article/detail/275

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini