Sukses

Cara Murah Jaga Payudara Sehat

Anda dapat menjaga kesehatan payudara Anda dengan murah. Anda dapat melakukan SaDaRi dengan mandiri.

Liputan6.com, Jakarta: Kanker payudara dapat menyerang siapa saja tidak pandang usia, golongan, maupun jenis kelamin. Kanker payudara menduduki peringkat kedua setelah kanker leher rahim di antara kanker yang menyerang wanita di Indonesia.

Semakin cepat kita dapat mendeteksi terjadi kanker, semakin baik pula harapan kesembuhannya. Demikian pula halnya dengan kanker payudara. Karena itu, jangan segan untuk melakukan pemeriksaan sedini mungkin. Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Karena itu, coba kenali dan pahami payudara Anda. Apakah payudara Anda sehat? Untuk mengetahuinya, terdapat beberapa cara untuk melakukan pemeriksaan adanya kanker payudara.

Anda dapat melakukan Pemeriksaan Payudara Sendiri (SaDaRi). Anda tidak mengeluarkan biaya untuk melakukan SaDaRi. Hanya dengan mengorbankan sedikit waktu, Anda dapat menjaga kesehatan payudara Anda. Menurut dr. Rudy Nugroho seperti dikutip klikdokter, SaDaRi dapat dilakukan mulai usia berapa pun tapi sangat dianjurkan bila usia Anda sudah lebih dari 20 tahun, minimal satu kali dalam sebulan, dilakukan pada hari ke-7 sampai ke-10 dari awal mula haid, atau 3 hari setelah haid berhenti.

Berikut beberapa panduan sederhana untuk melakukan SaDaRi:

Langkah 1

Di depan cermin, perhatikan apakah kedua payudara simetris. Perhatikan kalau ada sesuatu yang tidak biasa, seperti perubahan bentuk, perubahan warna atau bentuk yang lain dari biasanya. (Gambar 1)

Selanjutnya perhatikan apakah ada perubahan pada puting, adanya kerutan, puting yang masuk ke dalam atau pengelupasan kulit. Lalu angkat kedua lengan ke atas sambil memperhatikan apakah kedua payudara tetap simetris.(Gambar 2)

Gunakan tangan kiri untuk memeriksa payudara kanan dengan cara merabanya dan juga sebaliknya. Angkat tangan kanan, gunakan tiga atau empat jari tangan kiri untuk merasakan payudara kanan dengan teliti dan menyeluruh. (Gambar 3)

Dimulai dari ujung bagian luar, tekan dengan bagian jari dalam gerakan melingkar kecil, bergerak perlahan di sekitar payudara. Anda dapat memulai pada bagian ujung payudara dan secara perlahan bergerak ke bagian puting, atau sebaliknya. Perlu diperhatikan adalah meraba seluruh bagian payudara, termasuk daerah ketiak. Kemudian, tekan tangan anda erat pada pinggul dan sedikit menunduk ke depan cermin ketika anda menarik punggung dan sikut ke depan. (Gambar 4)

Langkah 2

Rasakan adanya perubahan dengan cara berbaring. Letakkan bantal kecil di bawah bahu kanan, lengan kanan di bawah kepala. Periksa payudara kanan dengan tangan kiri dengan meratakan jari-jari secara mendatar untuk merasakan adanya benjolan. Periksa pula lipatan lengan, batas luar payudara, dan ke seluruh payudara. (Gambar 4)

Langkah 3

Perhatikan tanda-tanda keluarnya cairan ataupun perdarahan dari puting susu. Caranya dengan memencet puting susu dan melihat apakah ada cairan atau darah yang keluar.(Gambar 5)

Langkah 4
Ulangi langkah-langkah di atas untuk memeriksan payudara kiri. Bila anda mendapati adanya kejanggalan, segeralah periksakan diri ke dokter. Lakukan langkah-langkah SaDaRi dengan rutin sekali sebulan. Dengan mengetahui gejalanya sedini mungkin, besar kemungkinan kanker payudara dapat disembuhkan.(AND)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.