Sukses

Cara Sehat Berpuasa

Ibadah puasa membawa manfaat bagi kesehatan apabila dijalankan dengan benar pada saat sahur dan berbuka. Meski puasa biasakan untuk tetap berolahraga.

Liputan6.com, Jakarta: Penuh khidmat, umat Islam menyambut Ramadan. Bulan yang akan diisi dengan amal ibadah. Puasa, wajib hukumnya. Namun ternyata juga membawa manfaat bagi kesehatan apabila dijalankan dengan benar pada saat sahur serta berbuka. "Dengan puasa makan menjadi teratur," kata dokter Ari Fahrial Syam, Spesialis Penyakit Dalam saat dialog di Liputan 6 Pagi, Ahad (23/8).

Beberapa tips bagi yang menjalankan puasa yakni santap sahur dengan makanan berserat dan protein tinggi tapi hindari makanan yang manis. Namun makanan manis perlu ketika berbuka guna memulihkan energi. Makan juga harus bertahap. Tak lupa  mengonsumsi delapan gelas air putih. Kurma jadi makanan favorit selama puasa bukan hanya karena manis tetapi mengandung berbagai vitamin yang diperlukan tubuh.

Meski berpuasa, olahraga juga sebaiknya tak ditinggalkan agar peredaran darah di tubuh tetap terjaga. Tapi harus diperhatikan intentsitas berolahraga. Misalnya mengurangi waktu berolahraga dari tiap hari jadi hanya tiga kali selama sepekan. Pilih juga waktu berolahraga. "Pagi hari sekitar pukul 07.00 hingga 08.00 [WIB] atau dekat-dekat dengan buka puasa," kata Vena Melinda, artis atau instruktur salsarobic. Simak selengkapnya dalam video berita ini.(JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini