Sukses

Meski Lanjut Usia, Tetap Bugar Berpuasa

Mengonsumsi buah-buahan bisa membantu orang tua usia lanjut mengatasi kesulitan berpuasa. Tips lainnya, lakukan olahraga ringan.

Liputan6.com, Jakarta: Seluruh umat muslim pasti ingin menjalankan ibadah puasa. Namun bagi mereka yang lanjut usia (lansia), kondisi fisik yang telah menurun kerap menjadi penghambat. Untuk mengurangi hambatan itu, beberapa tips berikut bisa dicoba.

Pertama, mengonsumsi buah-buahan. Khasiat dari buah-buahan dapat menjaga daya tahan tubuh seseorang. Misalnya, apel yang dapat mengurangi nafsu makan, mengendalikan tekanan dan kadar gula darah, serta membersihkan racun dalam usus.

Buah kurma juga memiliki manfaat luar biasa sebagai penambah tenaga. Ini karena kandungan gula dalam kurma cukup tinggi. Atau, mengonsumsi mangga dan pepaya yang mengandung karbohidrat serta enzim yang dibutuhkan tubuh. Masih banyak lagi buah penambah nutrisi.

Rahasia lain yang bisa diterapkan ketika menjalankan ibadah puasa adalah giat beraktivitas. Para lansia cukup melakukan olahraga ringan seperti berjalan dan senam kecil. Juga dianjurkan untuk meminum dua liter air tiap hari. Satu hal yang harus diingat, para lansia disarankan memahami kondisi tubuhnya dan tidak memaksakan diri. Simak selengkapnya di video berita ini.(OMI/YUS)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.