Sukses

Cara Efektif Atasi Sakit Telinga

Infeksi jamur di telinga dapat menyebabkan rasa gatal dan sakit yang sangat mengganggu. Untuk itu, kita perlu mengetahui beberapa tips sederhana untuk mengatasinya.

Liputan6.com, New Delhi: Sakit telinga bisa menjadi hal yang cukup mengganggu. Pasalnya, infeksi jamur di telinga dapat menyebabkan rasa gatal dan sakit tak terhingga. Ini terutama terjadi di daerah yang beriklim lembap. Untuk itu, situs Times of India mengurutkan beberapa tips sederhana untuk mengatasi sakit telinga.

Cara pertama adalah dengan meneteskan minyak zaitun secukupnya ke bagian telinga yang sakit atau gatal. Kemudian, oleskan tetesan minyak tersebut dengan menggunakan kapas. Lalu kompres bagian telinga yang sakit dan sekitarnya dengan air hangat.

Cara berikutnya adalah dengan menghirup uap air rebusan yang telah ditetesi sedikit minyak kayu putih saat hampir mendidih. Lakukan cara ini tiga kali sehari. Lanjutkan dengan mengoleskan bubuk bawang merah di bagian luar telinga.

Jangan meniup hidung Anda atau langsung pakai obat penghilang rasa sakit. Hawa hangat (tidak panas) yang ditiupkan dari pengering rambut dengan lembut ke dalam telinga juga bisa membantu. Kendati demikian, konsultasikan dulu dengan dokter Anda untuk langkah ini.(LUC)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.