Sukses

Ibu Aman Berolahraga Setelah Melahirkan

Wanita yang baru melahirkan dapat mempercepat produksi ASI dengan berolahraga pada level sedang setiap harinya.

Liputan6.com, Raleigh: Apakah wanita yang baru melahirkan tidak boleh berolahraga? Selama ini, persepsi yang banyak beredar di tengah masyarakat adalah berolahraga dapat menghambat produksi air susu ibu (ASI) pada wanita setelah melahirkan.

Ternyata pandangan tersebut tidak sedikit pun mendekati kebenaran. Menurut penelitian yang dilakukan University of North Carolina baru-baru ini menyatakan, olahraga dengan level sedang justru mempercepat produksi ASI. Penelitian ini dilakukan terhadap 14 wanita yang baru melahirkan dan melakukan olahraga berjalan kaki selama 30 menit.

Olahraga pada level sedang mampu menyempurnakan nutrisi yang ada dalam ASI karena aliran darah terpompa maksimal. Demikian dinyatakan ketua penelitian Cheryl Lovelady, PhD. "Ini membuat nutrisi yang memengaruhi pembentukan ASI teraliri dengan baik," katanya.

Lovelady juga mengingatkan kepada para ibu agar tidak berolahraga secara berlebihan. Sebab olahraga berlebihan dapat menekan produksi sistem imun yang menghasilkan ASI. Jadi, pilihlah olahraga yang santai selama 30-45 menit setiap harinya.(preventionindonesia.com/AST/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini