Sukses

Kontrol Hasrat Ngemil dengan Sehat

Ngemil merupakan hal yang menyenangkan. Namun apa jadinya, jika tubuh Anda melar gara-gara kudapan? Berikut ini beberapa jurus untuk mengkontrol hasrat ngemil secara sehat.

Liputan6.com, Jakarta: Mengemil kudapan favorit merupakan hal yang memuaskan. Namun, kepuasan itu hanya mampir sesaat, karena melahap camilan secara rutin dapat berpengaruh pada kesehatan dan bentuk tubuh. Sementara, perubahan bentuk tubuh merupakan hal yang sangat ditakutkan oleh kaum hawa. Untuk itu Anda harus menahan diri dari godaan camilan dengan beberapa tips berikut ini.

Pertama, tambahkan minyak zaitun dan cabai ke dalam makanan Anda. Bahan makanan yang sering dipergunakan sebagai bumbu masak ini, ternyata dapat mepercepat otak mengirimkan signal kenyang. Zaitun dikenal kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal, meskipun rasanya gurih tapi tidak membuat perut buncit. Sedangkan cabai megandung unsur capsaicin yang dapat menekan level insulin hingga 32 persen. Unsur tersebut dapat menahan rasa lapar dan mempercepat datangnya rasa kenyang.

Kedua, mengunyah permen karet. Aktivitas rahang yang terus mengunyah, dapat menjadi signal bagi otak bahwa tubuh tidak perlu diberi asupan lagi. Selain dapat menahan nafsu makan, mengunyah permen karet juga bermanfaat untuk melepaskan stres.

Ketiga, jangan sembarangan memilih camilan. Jika keinginan untuk ngemil sudah tidak bisa dikompromikan lagi, pilihlah camilan yang sehat seperti buah-buahan. Kandungan serat yang terdapat dalam buah-buahan dapat menstabilkan gula darah dalam waktu yang cukup panjang. Sehingga rasa kenyang enggan beranjak setelah mengunyah makanan.

Keempat, Menggosok gigi. Cobalah menggosok gigi setiap kali Anda tergoda untuk makan cokelat atau makanan yang manis-manis. Biasanya, usai menyikat gigi makanan yang masuk rasanya jadi tidak begitu enak. Dengan begitu, keinginan untuk ngemil dapat dibendung.(/AST/ARI/www.preventionindonesia.com) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.