Sukses

Lima Cara Mengasah Otak

Tenang, fokus pada masa depan, dan jalan-jalan menjadi salah satu cara mengasah ketajaman otak. Dari hasil penelitian otak akan mengingat lebih baik saat santai.

Liputan6.com, Jakarta: Penelitian menunjukkan banyak yang dapat anda lakukan untuk mengasah ketajaman otak. Ada beberapa teknik yang bisa dilakukan untuk membantu mempertahankan kecerdasan otak. Antara lain:

1. Tenang
Peneliti di California Institute of Technology mengatakan otak akan mengingat lebih baik saat santai. Sediakan waktu beberapa menit setiap hari untuk menarik napas dalam-dalam atau meditasi.

2. Fokus pada masa depan
Berdasarkan penelitian baru-baru ini, orang yang secara rutin membuat rencana dan menantikan acara yang akan datang risiko terkena Alzheimernya berkurang 50 persen. Jangan khawatir bila anda tidak memiliki banyak acara yang bisa mengubah hidup anda. Buat janji dengan teman anda untuk bertemu dan mengobrol.

3. Jalan-jalan
Para peneliti dari Universitas Columbia mengatakan kadar glukosa yang agak tinggi (bahkan bila anda tidak mengidap diabetes) bisa membahayakan daerah otak yang membantu anda membentuk ingatan. Para ahli setuju bahwa kegiatan fisik bisa membantu kadar gula darah turun menjadi normal.

4. Makan blueberry
Robert Krikorian, PhD profesor psikiatri dan ahli saraf di Universitas Cincinanati, mengatakan blueberry memiliki senyawa yang disebut "anthocyanin" yang membantu komunikasi antara sel otak dan muncul untuk meningkatkan ingatan.

5. Mempelajari sesuatu yang baru
Belajar bahasa Spanyol secara online, mengikuti kursus menjahit atau belajar bermain tenis. Penelitian di University of California Irvine menemukan bahwa rangsangan mental membatasi efek melemahkan penuaan pada ingatan dan pikiran.(Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.