Sukses

Lima Asupan "Jahat" Penghambat Kebugaran Tubuh

Ada lima asupan yang harus dihindari jika ingin memiliki tubuh bugar dan sehat. Apa saja itu?

Liputan6.com, Jakarta: Buat mendapatkan hasil fitness atau olah kebugaran tubuh yang sempurna, Anda harus mulai menghentikan konsumsi beberapa makanan atau minuman yang tidak berfungsi untuk bahan bakar tubuh. Seperti dilansir situs Askmen.com, belum lama berselang, ada lima asupan yang harus dihindari jika ingin memiliki tubuh bugar dan sehat.

1. Gula olahan
Gula olahan dapat mempengaruhi metabolisme Anda, respons insulin, bahkan suasana hati Anda. Gula putih, sirop jagung tinggi fruktosa, sukrosa, atau hampir semua jenis gula yang berasal dari sebuah pabrik tidak memiliki kalori.

2. Alkohol

Sama halnya dengan gula, alkohol tidak memiliki kalori. Alkohol juga dapat membuat tubuh Anda dehidrasi. Pengaruh alkohol dapat menyebabkan menghambatnya pertumbuhan otot, memperlambat metabolisme, sehingga Anda membakar kalori lebih sedikit. Jadi konsumsi alkohol menyebabkan otot melemah, bahkan dapat membuat Anda menimbun lebih banyak lemak. Hal ini berarti latihan Anda hanya akan sia-sia.

3. Kafein
Kafein dapat meningkatkan tingkat kortisol dalam tubuh Anda yang menghambat pertumbuhan otot. Hal tersebut juga dapat mempengaruhi pola tidur Anda.

4 Daging
Beberapa bahan kimia telah digunakan untuk mengolah daging dan ikan. Produk tersebut telah tersebar di pasaran. Ada baiknya Anda meningkatkan konsumsi vegetarian tahu dan kacang-kacangan.

5. Gluten

Gluten adalah protein gandum. Ada banyak gandum sehat seperti millet dan oat.(ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.