Sukses

Demi Anak, Ibu Cangkokkan Hatinya

Hari ini, tim medis Rumah Sakit dokter Sutomo, Surabaya, mengadakan operasi cangkok hati yang pertama kali. Bayi Ramdan akan mendapat hati baru dari hati ibunya sendiri. Ramdan satu dari banyak bayi di Indonesia, yang mengalami kelainan hati.

Liputan6.com, Surabaya: Kasih ibu sepanjang jalan, kasih anak sepanjang galah. Pepatah ini memang benar untuk ibu dan Ramdan, bocah yang tengah mengalami kelainan hati. Sang bunda harus memberikan hatinya untuk Ramdan Aldil Saputra. Hati sebenarnya yang harus dikeluarkan dari tubuh ibunya dan dipasang ke tubuh Ramdan [baca: Hati Ibunda buat Bocah "Atresia Bilieri"].

Sabtu (24/4) ini, Ramdan akan mendapat hati dari ibu tercinta melalui operasi cangkok hati di Rumah Sakit dokter Sutomo, Surabaya, Jawa Timur. Semua berdoa, ayah Ramdan pun menatap tajam setiap gerakan tangan dokter membedah tubuh anak dan istrinya.

Ramdan satu dari banyak bayi di Indonesia yang mengalami kelainan hati. Sebelumnya, ada bayi Bilgis yang meninggal karena penyakit yang sama. Sejauh ini, pemerintah memang tidak bisa berbuat banyak. Ini lantaran terbatasnya anggaran di Kementerian Kesehatan, meski sebenarnya juga bertambah setiap tahun [baca: Nyawa Bilqis Tak Tertolong].(ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.