Sukses

Susu Cegah Kanker Usus

Susu yang kaya akan kalsium memiliki efek perlindungan yang besar bagi tubuh manusia. Susu juga dapat mencegah kanker usus.

Liputan6.com, Wellington: Kebiasaan mengonsumsi susu sejak dini akan menurunkan resiko serangan kanker usus sampai 40%. Demikian hasil penelitian yang dilakukan para ahli di Wellington, Selandia Baru, seperti dilansir Zee News, Senin (7/2).

Dalam hasil penelitian yang diterbitkan American Journal of Epidemiology itu ditulis, konsumsi setengah liter susu sehari memberikan efek perlindungan yang sangat kuat dari serangan kanker jenis tertentu, terutama kanker usus. Para ahli percaya, kalsium yang dikandung susu dapat membasmi sel kanker dan menjadi bahan bakar bagi sistem kekebalan tubuh.

"Konsumsi susu secara rutin sejak masa kanak-kanak dapat mengurangi resiko serangan kanker usus. Kalsium memegang peranan penting dalam perlindungan yang diberikan oleh susu," kata Brian Cox, pimpinan penelitian itu.

Kanker usus adalah penyakit yangtidak boleh dianggap enteng. Kanker usus besar dinyatakan menjadi penyebab kematian nomor dua. Pola makan dan gaya hidup yang buruk adalah faktor utama penyebab dari timbulnya penyakit itu [baca: Waspadai Kanker Usus Besar].(SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini